You are currently viewing Tiga Ketum Partai KIB Konsolidasi Nasional di Surabaya, Ini Kata Airlangga

Tiga Ketum Partai KIB Konsolidasi Nasional di Surabaya, Ini Kata Airlangga

Surabaya : Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menekankan pentingnya politik persatuan dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan PPP.

Hal itulah yang ditunjukkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam acara pemaparan visi dan misi yang dihadiri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

“Kita menghindari politik identitas, yang kedua sengaja kita melaunching program ke depannya yaitu salah satu Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional singkatannya Paten. Jadi, KIB Paten,” kata Airlangga Hartarto kepada wartawan di Hotel Shangri-La Surabaya, Minggu (14/8/2022) petang.

Dengan program PATEN tersebut, Airlangga menjelaskan bahwa tahun 2025 merupakan periode krusial bagi Indonesia.

“Dimana periode 2025-2035 bonus demografi kita itu 191 juta jiwa penduduk, kita harus mengakselerasi ekonomi agar kita mencapai kesejahteraan dari sekarang income perkapita dari 2000 menjadi 12 ribu. Karena sesudah tahun 2035 itu kita akan menjadi bangsa lebih banyak demografi orang tuanya,” ujarnya.

Airlangga memberikan contoh metode Chili dan Korsel yang bisa mengangkat pendapatan perkapita penduduknya. Dengan membutuhkan akselerasi bidang ketahanan pangan, energi dan kekuatan fiskal.

“Kemudian, mendorong usaha kecil dan menengah dan yang utama tentu memaksimalkan kesetaraan gender dan pengembangan pemuda. Karena itu nanti yang akan mengisi ke depan,” terangnya.

Selain memaksimalkan kesetaraan gender, KIB diterangkan Airlangga juga fokus pada digitalisasi sumber daya manusia untuk pengembangan ekonomi.

“Namun digitalisasi yang penting bukan dari digitalisasi itu sendiri, tetapi dari sumber daya manusia. Sumber daya digitalisasi itu tidak hanya dari masyarakat, tetapi juga dari pemerintahnya. Jadi, ASN pun kita harus dorong agar juga tidak hanya adaptif, tetapi juga menjadi akselerator,” tuturnya.

Ketika disinggung mengenai KIB apakah nantinya akan mengusung pasangan capres, Airlangga mengatakan itu akan dibahas di chapter berikutnya.

“Kalau itu kan chapter berikutnya, kita baru pada bab dua mengenai ini. Nanti kita akan langkah selanjutnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, PPP, PAN dan Golkar hari ini menggelar penyampaian visi dan misi untuk menjaring aspirasi masyarakat, agar politik Indonesia berjalan ke arah membangun negeri dengan menghilangkan polarisasi yang terjadi selama ini.

Sumber : beritajatim.com

Leave a Reply