You are currently viewing Tak Cuma untuk Pilpres 2024, Golkar Ingin Kerja Sama KIB Berlanjut di Pilkada

Tak Cuma untuk Pilpres 2024, Golkar Ingin Kerja Sama KIB Berlanjut di Pilkada

Jakarta : Politikus Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena, menyebut kerja sama partainya dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB, tidak akan berhenti di Pilpres 2024. Menurut Melki, kerja sama politik itu bakal berlanjut hingga ke kontestasi politik lainnya.

“Jadi KIB ini sebenarnya suatu kerjasama politik untuk menuju Pilpres, tapi ini juga bisa punya dampak politik buat kami bertiga untuk di Pileg bahkan Pilkada. Jadi ini satu kerja sama politik yang langsung menyentuh Pilpres, Pileg, dan Pilkada,” kata Melki di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Juni 2022.

Melki menjelaskan, baik PAN, PPP, hingga Golkar memiliki ceruk suara pemilih yang berbeda-beda. Dengan adanya kerja sama antara ketiga partai dalam satu koalisi, diharapkan masing-masing partai dapat memperoleh suara baru.

Menurut Melki, masing-masing partai di KIB bahkan sudah mulai saling bekerja sama di daerah utuk membuat program bersama. “Jadi teman-teman di bawah ini sudah mulai bergerak, dengan ini mudah-mudahan menjadi modal ke depan,” kata Melki.

Sebelumnya, KIB dibentuk pada Kamis, 12 Mei 2022 di Rumah Heritage, Menteng, Jakarta Pusat. Pembentukan koalisi ini diinisiasi oleh Airlangga Hartarto yang oleh Golkar sudah digadang-gadang menjadi Capres 2024.

Adapun dengan koalisi PPP, PAN, dan Golkar, Koalisi Indonesia Bersatu dipastikan telah memenuhi ambang batas pencalonan presiden karena sudah mengantongi 26 persen suara parlemen. Hal ini menjadikan Koalisi Indonesia Bersatu sebagai koalisi pertama yang terbentuk untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Meski sudah memenuhi ambang batas pencalonan, KIB belum memiliki capres definitif. Sampai saat ini, ketiga partai masih berdiskusi untuk memutuskan capres yang akan diusung oleh KIB.

Sumber : tempo.co

Leave a Reply