You are currently viewing Airlangga Hartarto Berikan Inspirational Talk di Undiknas, Perkuat Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa

Airlangga Hartarto Berikan Inspirational Talk di Undiknas, Perkuat Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa

Denpasar : Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Dr. (HC) Airlangga Hartarto hadir dalam kegiatan “Inspirational Talk Bersama Airlangga Hartarto: Bangkit Bersama Pasca Pandemi & Mini Expo Studentpreneur” di Auditorium Dwi Tunggal Kampus Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) di Denpasar, Senin siang, 11 Juli 2022.

Kehadiran Airlangga Hartarto didampingi Wakil Ketua DPRD Bali yang juga Ketua DPD Partai Golkar Bali Doktor Nyoman Sugawa Korry, Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Bali Gde Sumarjaya Linggih alias Demer, Anggota Komisi II DPR RI Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra alias Gus Adhi dan rombongan yang diterima langsung Rektor Undiknas Prof. Dr. Nyoman Sri Subawa didampingi para Wakil Rektor dan Kepala Pusat Studi Undiknas (PSU) Dr. Gung Tini Gorda serta para Dekan di lingkungan Undiknas.

Sebelum memberikan Inspirational Talk, Airlangga Hartarto terlebih dahulu meninjau Mini Expo Studentpreneur dari mahasiswa Undiknas yang menampilkan berbagai produk ekonomi kreatif seperti kopi, produk herbal hingga juga layanan dari startup digital karya mahasiswa Undiknas. Airlangga Hartarto juga berbaur dengan para mahasiswa bahkan sempat memberikan tebak-tebakan kepada mahasiswa Undiknas dengan penuh canda tawa.

Selanjutnya dalam Inspirational Talk ini, Airlangga Hartarto membeberkan sejumlah kebijakan dan langkah pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 hingga membangkitkan dan memulihkan perekonomian nasional khusunya juga mengenai dukungan pemerintah kepada UMKM dan pelaku startup digital.

Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini juga memuji keberadaan lembaga pendidikan tinggi seperti Undiknas yang telah berada di garda terdepan menguatkan entrepeneurship atau kewirausahaan misalnya melalui coworking space hingga inkubator bisnis. Ia menegaskan universitas menjadi center of excellence yang bisa mencetak dan mejembatani wirausaha atau enterpeneur baru dan pelaku startup.

“Universitas menjadi center of excellence, bisa mencetak dan  mejembatani wirausaha atau enterpeneur baru dan pelaku startup. Indonesia wirausaha masih sedikit hanya 3 persen harus jadi 5 persen. Salah satu talenta besarnya ada di universitas. Startup juga menjadi penting dan startup banyak mulai dari kampus sehingga kampus yang kita dorong,” terang Airlangga Hartarto.

Rektor Undiknas Rektor Undiknas Prof. Dr. Nyoman Sri Subawa dalam sambutannya mengungkapkan Undiknas sebagai Techno Research Preneur University berkomitmen mencetak entrepreneur muda dengan mengedepankan kemajuan teknologi berbasiskan pada hasil riset serta tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dan budaya warisan bangsa.

Dikatakan Undiknas menuju World Class University telah merancang kurikulum yang mewajibkan mahasiswa memiliki jiwa entrepreneurship atau kewirausahaan. Juga mewujudkan keseimbangan hard skill dan soft skill mahasiswanya serta memiliki link and match dengan dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja.

Undiknas juga menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan melakukan pembinaan berkelanjutan kepada mahasiswa untuk menguatkan enterprenurship melalui Inkubator Bisnis Undiknas University.

“Kehadiran Bapak Menko Perekonomian di kampus Undiknas memberikan spirit dan energi baru bagi segenap civitas akademika Undiknas untuk menguatkan komitmen pada penguatan entrepreneurship,” ungkap Rektor Undiknas.

Sementara itu Kepala Pusat Studi Undiknas (PSU) Dr. Gung Tini Gorda dalam kesempatan ini menyerahkan kajian model ekonomi kerakyatan dari PSU kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Diharapkan output dari talkshow ini ada kajian akademik agar kebijakan pemerintah berawal dari analisis akademisi.

Ia juga menegaskan harus ada perubahan paradigma sehingga jiwa entrepreneurship lahir dari lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi yang harus mengedepankan kurikulum kewirausahaan, menyiapkan tempat mahasiswa untuk mengasah skill wirausaha seperti melalui coworking space maupun inkubator bisnis.

“Kami di Undiknas juga mengarah ke sana dan digitalisasi serta Bapak Rektor kami sudah mengarah kepada apa yang disampaikan Bapak Menteri,” ujar Tini Gorda.

Gusti Ngurah Hadi Saputra SM.,MSM., selaku Kepala Kajian Ekonomi Kreatif Undiknas yang memadu acara Inspirational Talk bersama Airlangga Hartarto ini juga menyinggung soal ekonomi ekonomi kreatif digital di Bali  yang harus dibangun dengan melibatkan sinergi dan kolaborasi semua stakeholder dan pihak terkait.

Di sisi lain ada hal menarik dalam kehadiran Airlangga Hartarto di kampus Undiknas ini. Menteri yang dikenal low profile ini menjadi rebutan mahasiswa dan para dosen Undiknas untuk berfoto bersama dan selfie. Bahkan Airlangga Hartarto dengan ramah meladeni permintaan selfie dosen dan mahasiswa.

Sumber : metrobali.com

Leave a Reply